Perbedaan dan Takdir


perbedaan suku, perbedaan agama dan perbedaan adat?

kadang aku bertanya dan berpikir, mengapa di dunia ini banyak sekali perbedaan

semuanya dikelompokkan berdasarkan etnis dan suku yang mendasar

sebegitukah mengerinya perbedaan suku?

saat berteman dengan seseorang, aku tidak pernah memikirkan tentang perbedaan itu sama sekali

atau lebih tepatnya aku tidak peduli soal itu

kalau dipikir-pikir, hidup itu seperti burung yang hidup bersama kelompok kawanannya

mengapa tidak pernah bisa untuk keluar dari kelompok? mengapa harus selalu berada di tempat yang sama?

bukankah manusia diciptakan dari berbagai daerah untuk bersatu dan saling bekerja sama?

aku tidak bisa menjawab pertanyaan itu sampai sekarang dan akupun tidak tau harus mencarinya dimana

tak perlu menjawab, cukup dimengerti dengan semua kekhawatiran yang aku sendiri tidak pernah tersadari

Tuhan, aku tau dimataMu tidak ada yang mustahil

saat Kau berkehendak,semuanya akan terjadi

karena itu aku pasrahkan semua jalan hidupku, rezeki, jodoh, karier dan matiku ke dalam buku catatanMu

apabila ada sesuatu yang tak bisa kumiliki dan kusentuh, relakan hatiku untuk melepaskannya pergi dariku

aku percaya masih ada yang baru untuk menggantikan yang lama

ajari aku untuk mampu mengerti keadaan yang tidak bisa kumengerti

jangan biarkan aku terjerumus di tempat yang salah

bangunkan dan sadarkan aku saat aku terlalu jauh dari yang seharusnya

dan satu hal yang selalu ingatkanku tentang rencanaMu adalah, Kau selalu memberikan yang terbaik

dan aku percaya Kau punya seribu satu cara untuk mewujudkan sesuatu yang mustahil menjadi sangat mungkin

karena hanya Kau yang punya kuasa besar untuk merubah takdir manusia

Leave a Reply

