Kasih dan Kasihan


mengapa ada rasa kasihan di dunia ini?

apakah itu bukan pertanyaan? apakah aku salah jika aku bertanya seperti itu?

aku tau kalau kasihan dan kasih adalah hal yang berbeda namun seakan bersaudara

ada yang bilang, kasihan itu ada karena itu yang membuat hidup ini indah

menjadi indah karena itu sama seperti memberi dan memberi itu indah

tapi ada juga yang bilang kalau itu bukan pertanyaan, itu adalah pertanyaan yang aneh

karena jawabannya ada dalam diriku sendiri dan seolah hanya aku yang bisa menjawabnya

kalau mengerti buat apa ditanya lagi? begitu katanya…

dia juga bilang, yang utama itu KASIH bukan KASIHAN,  salah besar kalau kasihan itu indah,,

setelah aku mendengar itu, aku jadi sadar bahwa aku menolong orang bukan karena aku kasihan kepada mereka

tapi karena kasih Tuhan yang menyertaiku dan menggerakkan hatiku serta tubuhku untuk melakukannya

jadi intinya adalah aku bergerak dalam pelayanan karena adanya kasih Tuhan, bukan karena kasihan

lalu mengapa kasih dan kasihan seolah bersaudara?

atau itu hanya pemikiranku saja yang terlalu berputar-putar?

 

Leave a Reply

