Lukas 12:35-48 ~Kewaspadaan~


“Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.

Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.

Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.

Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.”

Kata Petrus: “Tuhan, kamikah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan itu atau juga semua orang?”

Jawab Tuhan: “Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk mmeberi makanan kepada mereka pada waktunya?

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugas itu, ketika tuannya itu datang.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

Akan tetapi , jikalau hamba itu jahat dan berkata dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba laki-laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum, dan mabuk,

maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada hari yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.

Tetapi bangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

 

dalam injil Lukas, Yesus memperingati kita dengan sebuah perumpaan seorang tuan dan hamba-hambanya yang harus selalu menanti kepulangan tuannya, menjamu sang tuan dengan baik dan selalu penuh dengan persiapan

Yesus menggambarkan dirinya sebagai sang tuan dan kita sebagai hamba-hambanya

Yesus berpesan agar kita selalu bersiap-siap menyambut kedatangan Sang Mesias, Anak Allah yang telah dijanjikan oleh Bapa sendiri.Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.” -Lukas 12:40-)

menurut injil, Yesus akan datang pada waktu yang tidak akan kita ketahui, maka dari itulah, selagi kita menunggu kedatanganNya, kita harus mempersiapkan diri dan hati untuk menerima sang Juru Penyelamat Dunia, Yesus Kristus

sebelum Ia akan datang, Yesus akan menguji seberapa besar iman kita sebagai pengikut Kristus, yaitu dengan berbagai cobaan dalam hidup dan seberapa kuatkah kita saat menjalani cobaan itu

lewat cobaan itu jugalah, Yesus membentuk pribadimu yang awalnya sederhana menjadi luar biasa, Ia ingin tau seberapa kenalkah kita dengan Dia dan seberapakah kita dekat dengan Dia

setiap masalah yang hadir itu, sudah Yesus perhitungkan dengan sangat baik dan matang, karena Yesus tau sampai dimana batas kemampuan kita.. tidak akan ada cobaan yang tidak bisa kita lewati karena dalam injil pun ditulis bahwa Ia tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan kita.. (Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui  kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. -1Korintus 10:13-)

dengan pencobaan itu, Yesus menarik kita untuk lebih siap dan lebih dekat denganNya…

berdoa, membaca firman Tuhan dan melaksanakannya, mempersiapkan jalan lurus bagi Tuhan, dan mengandalkan Tuhan dalam segala perkara adalah cara-cara untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan Kristus, sang Juru Penyelamat

berjaga-jagalah siang dan malam, karena kedatanganNya yang sangat tiba-tiba bisa saja mengubah jalur kehidupanmu… siapkanlah hati untuk melayaniNya di rumahmu dan tempatkan Ia di tempat yang tak tergantikan di hatimu

karena sesungguhnya Ia tidak akan meninggalkan kita saat menghadapi pencobaan yang Ia pilihkan untuk kita

waspadalah dan jangan sampai lengah saat Tuhan memanggil namamu, sebab Kerajaan Allah sudah dekat

seberapa dekatkah kita dengan Tuhan? seberapa siapkah kita dalam mempersiapkan jalan bagi Tuhan? sudah layak dan pantaskah kita menyambut kedatangan Anak Manusia yang telah dijanjikan?

 

Amen

Tuhan Memberkati..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s