1Petrus 1:3-12 ~Pengharapan, Iman dan Kasih~


Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

Maksud semua itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diriNya.

Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihiNya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihatNya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan,

karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.

Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang menerima Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari Sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

 

tidak ada hidup yang mulus-mulus saja, semua pasti pernah bahkan pasti ada pencobaan yang terjadi

hal itu terjadi karena Tuhan sedang menguji iman kita, umatNya… jikalau kita percaya dan terus berharap, kita akan selamat dari kehancuran (Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. -1Petrus 1:6-)

Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihiNya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihatNya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, (1Petrus 1:8) di dalam ayat ini, Petrus menegaskan bahwa, siapapun yang tidak melihat Tuhan namun percaya dan mengasihiNya, akan memiliki keselamatan hidup

Yesus Kristus yang telah wafat dan kini sudah bangkit dari maut, telah melahirkan kita kembali menjadi manusia yang baru dengan sejuta harapan yang baru (Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, -1Petrus 1:3-)

jika kita percaya akan Yesus Kristus, sang Penyelkamat, kita akan selamat dari kehancuran hidup yang terus menghantui kita

ketenangan pun bisa didapatkan asal kita berpegang pada janji Kristus

iman yang besar dan kuat belum tentu bisa menjamin kita akan aman dari api neraka… kepantasan kita untuk menikmati indahnya surga, hanya Tuhan yang tau

penilaian kita yang duniawi tidak akan sama dengan nilai Tuhan atas hidup kita… 

semua tergantung pada diri kita sendiri, bagamana kita memaknai kehadiran Kristus dalam hidup kita, bagaimana kita melakukan keintiman denganNya dan tuluskah kita saat melayani Dia?

 

Amen

Tuhan Memberkati..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s