Yohanes 16:16-33 ~Dukacita yang Mendahului Kemenangan~


“Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku.”

Mendengar itu beberapa dari muridNya berkata seorang kepada yang lain: “Apakah artinya Ia berkata kepada kita: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku? Dan: Aku pergi kepada Bapa?”

Maka kata mereka: “Apakah artinya Ia berkata tinggal sesaat saja? Kita tidak tahu apa maksudNya.”

Yesus tahu, bahwa mereka hendak menanyakan sesuatu kepadaNya, lalu Ia berkata kepada mereka: “Adakah kamu membicarakan seorang yang lain apa yang Kukatakan tadi, yaitu: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula kamu akan melihat Aku?

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita,tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita.

Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.

Pada hari itu kamu akan berdoa dalam namaKu. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia: Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

Kata murid-muridNya: “Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan tidak memakai kiasan.

Sekarang kami tahu, bahwa Engkau tahu segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepadaMu. Karena itu kami percaya bahwa Engkau datang dari Allah.”

Jawab Yesus kepada mereka: “Percayakah kamu sekarang? Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu dicerai-beraikan masing-masing ke tempat sendiri dan kamu meninggalkanku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiyaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

 

singkat cerita, Yesus hanya ingin memperingatkan, badai pasti berlalu dan pasti akan ada pelangi setelah badai… setelah dukacita, pasti ada sukacita (Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. -Yohanes 16:21-)

harapan dalam doa itu nyata dan selalu tumbuh di hati yang percaya… tidak pernah ada alasan kehilangan harapan dalam Tuhan karena cintaNya yang besar dan tulus

tidak sekalipun Ia akan meninggalkan kita, sekalipun kita sedang dalam persoalan yang berat (Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. -Yohanes 16:32-)

Ia mengerti diri kita, karena Dia yang menciptakan kita.. Dia mengenal kita sebelum kita terlahirkan ke dunia, saat kitam asih di dalam kandungan sang ibu.

Yesus juga berpesan agar kita percaya kepadaNya bahwa Dia adalah wujud dari Bapa yang selama ini kita pertanyakan…  dan Yesus pun memperingatkan kita untuk selalu berdoa agar kita mengenal pribadi Bapa yang sedang kita cari

sesuatu yang kita minta dengan penuh kesungguhan, pasti akan kita terima di waktu yang telah ditentukan.. kika tidak hari ini, mungkin di hari lain yang lebih membahagiakan (Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. -Yohanes 16:23-)

bersukacitalah dalam penderitaan karena Tuhan Yesus telah datang menghibur dan mengobati luka yang sedang kita alami

penderitaan yang terjadi akan segera sirna saat kita terus berjuang dan percaya bahwa pelangi indah itu akan datang di dalam ketenangan

 

Amen

Tuhan Memberkati..

Leave a Reply

