1Petrus 2:18-25 ~Penderitaan Kristus sebagai Teladan~


Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis.

Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.

Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejakNya.

Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulutNya.

Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.

Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuhNya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilurNya kamu telah sembuh.

Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

 

lewat suratnya yang pertama, Petrus mengingatkan kita kembali pada penderitaan Kristus yang telah menebus jutaan dosa umatNya

Petrus juga menjelaskan sebuah filosofi mengenai penderitaan kita sebagai manusia

secara sederhana, penderitaan yang kita alami itu adalah kasih karunia Allah.. mungkin bagi kita manusia biasa, itu terasa sangat tidak masuk akal karena mayoritas kita berpikir bahwa penderitaan itu bisa saja datang dari Iblis yang berada di sekitar kita

namun, itu bisa saja menjadi pikiran yang salah, bahkan kita sering mendengar orang berkata, “Cobaan terjadi, ujian terjadi karena Tuhan sayang pada kita.”

itu adalah istilah yang benar kalau kita bisa memahaminya dan menjadikannya sumber kekuatan kita…

Petrus juga mengingatkan kita mengenai kebaikan yang kita lakukan… berbuat baik tanpa pamrih, itulah yang akan dihitung oleh Allah sebagai amal kita, tapi bagaimana kalau kebaikan kita itu justru mendatangkan keburukan atau penderitaan bagi kita sendiri? 

saat kita berniat baik, tapi justru niat bak kita itu disalahgunakan dan disalah artikan oleh orang lain, sakit dan kecewa bukan rasanya? tetapi ketahuilah bahwa itu hanya sementara karena kasih karunia Allah telah bekerja untuk kita dan orang yang kita tolong

seiring berjalannya waktu, orang itu pasti akan mengerti kebaikan kita jika kita terus menunjukkan apa arti dari baik itu (Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah. -1Petrus 2:20-)

dengan kisah sengsara Yesus, Ia telah meninggalkan cerita, kisah dan pesan yang mendalam… setelah Yesus menderita dan wafat, kisah hidup dan kebaikanNya tetap dikenang sepanjang waktu dan sampai akhir zaman

teladan hidupNya yang kuat, tegar, tabah, sabar dan penuh kasih sayang, telah memberi kita contoh menjalani hidup yang damai dan penuh sukacita

hidup Yesus di dunia memang hanya singkat dan sederhana, namun penuh makna dan menyentuh… pengorbanan terbesar dan pertumpahan darah yang telah Ia lakukan telahm engubah pandangan hidup jutaan orang Kristiani di seluruh dunia

dengan mengambil contoh itu, Petrus berpesan agar kita senantiasa mengikuti jejakNya, karena sejak kita terlahir ke dunia, kita telah dipanggil untuk bersaksi dan mewartakan injil Allah yang membawa keadilan, kemakmuran serta kebenaran hidup yang kekal (Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejakNya. -1Petrus 2:21-)

 

Amen

Tuhan Memberkati..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s