Lukas 5:1-11 ~Penjala Ikan menjadi Penjala Manusia~


Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.

Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya.

Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.

Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.”

Simon menjawab: “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau yang menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.

Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.

Ketika Simon Petrus melihat hal itu ia pun tersungkur di depan Yesus dan berkata: “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.”

Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap;

demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.”

Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

 

kisah ini telah menunjukkan kebesaran dan mujizat Tuhan yang luar biasa

Yesus  membawa keajaiban dan siapapun yang percaya kepadaNya akan beroleh kedamaian dan sukacita

siapapun yang percaya dan menuruti perintahNya, akan melihat keajaiban dan kebaikanNya dalam hidup kita

janjiNya adalah pasti dan tidak akan terlambat

rencanaNya selalu yang terbaik untuk kita karena cintaNya serta kepedulianNya telah membuka mata hati kita bahwa Ia tidak akan meninggalkan kita

perintahNya adalah petunjuk dan pembawa sukacita, kasih sayangNya adalah wujud nyata dalam kehidupanNya yang penuh cinta kasih

melalui Simon Petrus dan dua temannya, Yakobus dan Yohanes, Yesus berpesan agar mereka bersedia membantuNya dalam mewartakan injil Allah dan sukacita Kristus kepada orang banyak

keajaiban sederhana yang Yesus perlihatkan telah menyenyuh hati Simon dan dua temannya sehingga mereka ikut bersama Yesus mewartakan kabar gembira

kepercayaan dan iman mereka telah membebaskan mereka dari rasa takut dan bimbang akan hidup mereka

berpeganglah pada janji Tuhan karena janji itu akan tergenapi di waktu yang telah Ia sediakan

jika Tuhan telah bertindak tidak ada seorang pun yang bisa menolaknya sebab segala sesuatu yang kita miliki adalah milikNya

sudah siapkah kita sebagai pengikut Kristus menjadi penjala manusia? memberitakan injil Allah kepada orang banyak? sudah cukup pekakah kita dengan panggilan hidup kita? (demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” -Lukas 5:10-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s