Sesuatu yang Berakhir


“when people want to go, let them go. your destiny is never tied to anyone who leaves you, and it doesn’t means that they are bad people. it just means that their part in your story is over.”

saat membaca kalimat sederhana itu, entah mengapa aku jadi tertegun dan aku tersadar kalau hal itu sudah aku alami untuk yang kesekian kalinya atau mungkin aku sedang mengalami itu

kalimat itu telah memberiku banyak pengertian dan membuatku dapat memahami artinya perpisahan dan juga berakhirnya sebuah cerita

mungkin kalimat itu sedang berbicara kepadaku agar aku mengerti kebebasan yang selama ini dinantikan oleh orang-orang disekitar aku

orang yang selama ini berada disampingku dalam senang dan duka, orang yang selalu memberiku semangat dan tak menyerah telah melepaskan ikatannya dariku, melupakanku yang pernah menjadi bagian dari hidupnya

dia adalah seberkas masa laluku yang indah, tapi yang masa lalu itu hanyalah cerita singkat dalam perjalananku.. aku juga diajarkan untuk selalu menghargai setiap kebersamaan yang tercipta dalam suatu hubungan

mungkin hubungan itu hanyalah sesingkat hembusan angin dan tidak akan pernah kembali lagi untuk aku miliki… yang berakhir itu tidak mungkin diawali lagi karena waktu akan terus berjalan, bukan?

andai waktu bisa berhenti satu detik, belum tentu aku akan kembali menemui dia yang pernah menjadi bagian dari hidupku

aku pun sadar, kalau kehadiran aku itu sangat teerlambat… bahkan kalau mau digambarkan, waktuku itu sangat singkat dan aku tidak bisa memperpanjangnya lagi

aku hanyalah seberkas kenangan indah yang pernah datang lalu diusir dalam kehidupannya

namun, aku bersyukur dan berterima kasih karena aku pernah menjadi menjadi bagian dari hidupnya dan begitu pun sebaliknya, terima kasih sudah pernah ada dalam catatan hidupku yang singkat

telah memberiku warna lain yang tidak pernah aku duga dan aku bayangkan

sekecil apapun ingatan yang pernah aku beri dan aku dapatkan, itu sangatlah berarti untuk aku karena didalamnya ada pelajaran yang sangat berharga dan tidak akan aku tukarkan dengan apapun

walaupun keadaannya sudah jauh berbeda dan tidak pernah terbayang olehku kalau ini akan terjadi, aku akan terus bergerak maju agar aku bisa lebih menghargai setiap detik yang aku lewati bersama orang-orang disekitarku

mungkin pengalaman yang seperti itu, tidak akan aku dapatkan lagi bahkan orang yang seperti dia pun tidak akan aku temui lagi

meski dia pergi dengan meninggalkan banyak luka yang tidak aku inginkan, aku tetap senang karena pernah menjadi orang yang penting untuknya dan aku juga senang karena aku diberi kesempatan yang begitu besar untuk memperbaiki diri serta menemukan orang yang mungkin lebih baik darinya

masa depan memanglah sebuah misteri yang sulit terungkap, perlu waktu yang cukup lama untuk bisa memecahkan misteri itu… namun seperti apapun itu nantinya, aku tetap berharap bahwa masa depanku yang telah Tuhan tentukan itu jauh lebih baik dan indah daripada rancanganku yang aku buat sekarang ini…

Leave a Reply

