Ikhlas dalam Kesabaran


ikhlas….

ikhlas adalah berbesar hati menerima kekalahan, membenahi hati untuk menyambut kemenangan

perjuangan yang membawa duka tidak berarti saat terhembus ombak yang besar

berjalan dipinggir pantai dengan membawa perahu kertas ditangan

layangkan sejuta doa dan harapan dalam setiap lipatan kertas origami

Tuhan, apakah ikhlas dan kasih itu bersaudara? apakah mereka bisa terpisahkan?

apakah sulit memiliki hati yang besar? tetapi, kekuatanku sirna hanya oleh tiupan angin sepoi-sepoi

Tuhan, saat aku merasa marah karena apa yang aku harapkan terasa tidak ada, kemanakah kakiku membawaku pergi?

bernyanyi dalam asa, bersenandung dalam helaan nafas yang berat… menangkupkan kedua tangan, memejamkan mata dalam kesakitan… disanalah Engkau berdiri membukakan tangan kasihMu

cinta yang sederhana, namun menyelamatkanku dari kehancuran batin, menunjukkanku betapa pentingnya peranMu dihidupku

memuji kebaikanMu yang tak pernah habis, menyentuh lukaku yang bernanah, sehingga aku temukan keberanian untuk melihat, melangkah dan berharap dalam lelah

Tuhan, dalam kesabaran ini ada cerita yang tidak pernah berakhir, ada batu sandungan dimana-mana…

dalam ketabahan aku bernyanyi untukMu, sumber kekuatanku dan sumber pengertianku

apalah arti setetes keringat, jika itu tidak bisa mengingatkanku pada rencanaMu yang menyelamatkanku dari sok tauku yang meremukkan jiwa?

jiwa yang lemah tidaklah selamanya meremas jantungku, tetapi itu memberiku isyarat bahwa aku masih harus berjuang dalam hari-hariku supaya rahmat Tuhan tidak seperti angin lalu

ketika aku harus memilih yang bukan keinginanku, sehingga aku harus melewati perjuangan yang panjang dan tidak mudah, aku bertanya kepada Tuhan dengan setumpuk rasa kebingungan… “Tuhan, apakah ini sudah yang terbaik, yang bisa aku lakukan? Apakah aku bisa melewati sesuatu yang bukan keinginanku dan harapanku?”

namun, aku mulai mengerti apa itu pengorbanan yang tak kasat mata.. itulah yang disebut peduli yang selama ini Tuhan limpahkan dalam hidupku

teladan hidup itu memasuki garis hidupku dan mengubah hati yang lembek menjadi tegar, hati yang keras menjadi lembut dalam cinta dan penuh harapan

Tuhan, jadikan aku tegar sepertiMu, jadikan aku seperti hatiMu yang penuh kasih… mudah mengerti saat gejolak ombak mengusik jiwaku

jiwaku yang haus akan kasihMu, Kau pulihkan aku dalam kerapuhan cinta… membekukan kakiku saat aku salah plih jalan dan tuntun aku dalam jalanMu yang lebih besar

ajakku bermain dalam taman surgaMu… dalam penderitaan aku berdiri ditengah derasnya air terjun… berdiri dan duduk dibatu yang besar sambil berhakyal Engkau mengangkatku untuk mengikuti Engkau

mendengar deru ombak dan mencium aroma laut, membuatku bersyukur betapa indahnya ciptaanMu dan aku berterima kasih atas kehidupan ini

jangan biarkan aku menyesal atas pilihanku yang mungkin telah Kau pilihkan juga untuk aku jalani

dalam setiap penderitaan itu, ada Engkau yang memberiku kekuatan dan ada Engkau yang menopang hidupku saat terombang-ambing oleh gelora badai

aku percaya apa yang sudah Kau pilihkan untukku, itulah yang terbaik agar aku menjadi seperti yang Kau inginkan

tegar melawan badai, berdiri kokoh dalam angin topan, senantiasa ingat Tuhan dalam  apapun keadaanku serta melihat betapa baiknya Tuhan dalam hidupku… berkat yang tak terhitung dan perlindungan yang memberiku rasa aman dan nyaman bersama Dia

terima kasih dan bersyukur bukan karena doaku terkabul dan hidupku selalu bahagia, tetapi karena Tuhan Yesus tidak pernah tinggalkanku dalam keluh kesah tanpa pengharapan

apapun yang terjadi padaku hari ini, besok dan seterusnya, aku percaya Tuhan telah mempersiapkannya untukku sehingga rasa takutku ternetralisir oleh cinta agung Tuhan yang selamatkanku

dengan hati yang ikhlas dan penuh iman Kristus, aku semakin tau bahwa ini memang yang Tuhan kehendaki dalam hidupku

dengan menyimpan segudang pembelajaran dan aura positif, aku tidak menyesal semua yang sudah terjadi, sebab apa yang Tuhan inginkan dan yang direncanakan selalu membawaku ke masa depan yang cerah

Ia sanggup melihat jauh ke depan dan memegang kunci rahasia penderitaanku yang tidak boleh aku ketahui…..

Leave a Reply

