Buah-buah Roh


Menurut Alkitab dan ajaran Yesus, ada 9 buah Roh yang sering kali harus kita pelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

1. KASIH
2. SUKACITA
3. DAMAI SEJAHTERA
4. KESABARAN
5. KEBAIKAN
6. KEMURAHAN HATI
7. KESETIAAN
8. KELEMAHLEMBUTAN
9. PENGUASAAN DIRI

Kasih adalah bahasa Allah saat Ia berkomunikasi dengan kita… kasih mengubah jalannya hidupku yang terasa berat menjadi ringan

Ketika aku mengizinkan kasih Allah berperan, sukacita itu datang bersama damai sejahtera yang berasal dari Roh Kudus

Terkadang, aku juga merasa bingung, mengapa aku harus mengasihi sesamaku, terlebih kepada mereka yang sudah melukaiku, membuangku dan melupakanku, bahkan merendahkanku

Mengapa aku harus melayani mereka yang merusak diriku atau mungkin karena mereka aku hampir putus asa??

Terlalu banyak hal yang aku baca dan aku dengar untuk mendapatkan jawaban ini…. dan ada satu kesimpulan mutlak yaitu aku melakukan itu semua bukan untuk orang lain tetapi semata-mata untuk diriku sendiri

Aku tidak bisa melupakan saat aku merasakan sakit hati karena pengaruh buruk di lingkunganku, kalau bukan karena keberanian dan keikhlasan untuk memaafkan, bagaimana mungkin aku bisa keluar dari sakit hati yang sangat menyiksa?

Berbuat baik dengan menebarkannya kemana pun aku berada, apapun yang aku lakukan, bahkan aku tak bisa lepas dari uji kesabaran yang muncul setiap saat

Karena baik yang tertanam itu, banyak yang bilang kalau aku ini polos dan bodoh, mudah dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak tau terima kasih

Itulah kejamnya dunia, sampai-sampai semua yang diajarkan Yesus, diputarbalikkan agar duniawi bisa meraja

Lambat laun, aku pun mulai memahami hal ini.. kalau ajaran duniawi yang keras dan penuh kenikmatan palsu serta sesaat bisa dilawan dengan ajaran Yesus yang sederhana itu

Bersabar memang tidak mudah dan sering kali orang bilang, sabar itu ada batasnya… tetapi sebenarnya sabar itu tak terbatas, seperti kesabaran Tuhan kepada kita mahkluk berdosa

Orang menyakiti, tak boleh dibalas dengan hal yang sama, malah kita harus mengasihi, mengampuni dan melayaninya dengan penuh kebaikan, kesabaran, kelemahlembutan, seolah dia tidak melakukan hal apapun….

Mengapa? Karena hukum adalah urusan Tuhan bukan kita sebagai manusia biasa.. bukan berarti kita mendoakan musuh kita dihukum, tetapi kita justru membiarkan Tuhan menjamah hatinya

Aku tau ini berat, aku pun kadang tak sanggup, tapi aku juga bisa melihat dan merasakan kalau buah-buah Roh itu adalah hadiah atau mukjizat dari Tuhan untukku agar aku bisa menjadi alatNya

Supaya imanku bisa terus berbuah lebat, semakin dewasa dalam pantauan Tuhan, dan iman yang sudah aku tanamkan ini tidak mati, melainkan hidup lewat perbuatan-perbuatanku yang sederhana

Ada satu kalimat yang menyentuhku dan aku tidak bisa membohongi soal kebenarannya…

Salah satu motivator terkenal didunia, Nick Vujicic sering mengatakan, “If you don’t see any miracles, you can be the one for other people. ” (Jika kamu tidak melihat mujikzat, kamu bisa menjadi mujijzat itu untuk orang lain.)

Dari kalimat sederhana itu aku belajar tentang berbagi, keikhlasan, keyakinan dan tentu saja mujikzat….

Kalau aku tidak bisa dicintai dan dikasihi, maka aku yang akan memulai untuk mencintai dan mengasihi… kalau aku tidak mendapatkan apa yang aku inginkan, aku bisa memberi dengan apa yang aku miliki

Saat aku menguasai diri berdasarkan firman Allah, aku tak perlu ragu untuk meneruskan hidup meski penuh dengan rintangan

Semua yang terjadi akan mendatangkan sukacita, damai sejahtera, dan kebaikan jika aku membiarkan Tuhan bekerja dalam hidupku

Setia juga bisa aku dapatkan dari orang-orang disekitarku jika aku menunjukkannya… aku belajar untuk tetap setia kepada Tuhan, karena Ia terlebih dulu menunjukkan kesetiaannya padaku, dan aku bersyukur karena itu

Aku berdoa, mohon kekuatan dan kesabaran dari Tuhan agar seluruh teladanNya bisa aku terapkan dalam diriku dan itulah yang membuatku berbeda dengan orang lain

Menggunakan buah-buah Roh dari Tuhan, tidak membuatku besar kepala, tetapi membuatku semakin mengenal Kristus yang merupakan sumber kedamaian sejati…

Leave a Reply

