Berkelana


api neraka yang panas seperti sedang menjalar ke bagian tubuhku, siap menyentuh bagian luar tubuhku

setelah membaca Buku Harian St. Faustina yang begitu tebal, aku belajar memahami tentang Kerahiman Allah yang sebenarnya….

aku membacanya sambil menyimpan ketakutan dan penasaran serta pertanyaan yang juga aku usahakan untuk aku pahami

apabila menjadi Pengantin Kristus saja tidak menjamin akan masuk surga, jadi harus bagaimanakah seharusnya manusia bertindak?

mengapa begitu banyak Pengantin Kristus yang menderita diakhir ajalnya, bahkan disaat ditengah-tengah pelayanannya?

itulah yang membuat aku takut untuk menghadapi kematianku nanti….. sudah seberapa tobat dan dekatkah aku dengan api neraka itu?

semuanya sudah menggoyahkan imanku dan aku jadi takut apabila waktuku tidak akan pernah cukup untuk memperbaiki yang tersisa saat ini

tetapi dibalik ketakutanku, aku ingat kelemahan dan semua kesalahan yang aku perbuat, bagaimana aku berusaha tegar melawan semua itu dengan kekuatan rahasia

mungkin orang akan bilang, untuk apa memikirkan kematian sekarang? bukankah lebih baik memikirkan yang ada saat ini?

ya, itu benar dan aku ingin menghilangkan semua rasa takutku itu dengan berdoa dan terus berharap pada Tuhan yang telah mengutus aku

kadang aku juga bisa berpikir, apa alasan bagiku untuk bisa menikmati indahnya surga, padahal dosaku selalu menemani dan mengejarku, bahkan aku bisa saja dengan mudah terperangkap disana

karena lemahnya imanku dan tergoda oleh kenikmatan sesaat, aku korbankan gelap itu sedikit demi sedikit menghampiriku

namun, ada suara indah yang selalu mengingatkan aku agar aku tetap berada di jalur yang sama… suara itu mengajakku berbicara dari hati, mendengar dengan iman dan berbicara dengan kesaksian yang sudah pernah aku lihat

Tuhan, maafkan aku yang lemah ini, aku yang tak sebersih dan seputih hatiMu…. maafkan kebodohanku yang sering kali muncul sehingga membuatku tak seperti yang Kau inginkan

Tuhan, betapa hinanya aku, yang tidak menghargai dan menghormati pengorbananMu atas hidupku ini… tetapi aku sadar, selama aku masih bisa berpijak ditanah ini, melihat hembusan angin, disanalah sesungguhnya hidupku bergulir

aku jalani apa yang aku nikmati saat ini, meski dunia ini kejam, namun itu juga yang mennguatkan aku, mengingatkan aku untuk tidak menyerah untuk saru kali cobaan

aku ingin mengucap syukur dan terima kasih karena nafas ini masih ada sampai saat ini, aku boleh berkelana jauh meninggalkan tempatku dan menelusuri alam yang berbeda

kubawa serta semua ketakutanku menghadapMu Tuhan, dan siapkah aku menerima hukuman dariMu?

Tuhan, tuntun aku ke jalanMu, sentuh aku dengan tanganMu dan ubahlah sisa hidupku ini dengan rencanaMu.. semua yang ada padaku, dari yang senang maupun sedih tinggalkan aku jejak harapan

yang nantinya akan berubah menjadi penyemangat hidupku… aku tak bisa lagi melarikan diri dari Engkau yang mengikat hidup-matiku

semua keinginanku membungkusku dengan kebodohan yang terlambat untuk disadari, namun kehadiranMu telah membuka apa yang tidak bisa aku lihat

Engkau menuliskan banyak rencana, dan Engkau juga yang menentukan proses kehidupanku yang penuh kesukaran

sukar dalam penderitaan, sukar dalam menyakiti hatiMu yang kudus… tetapi kesukaran itu adalah segalanya saat aku bisa memahami artinya hidup ini

anugerah yang Engkau berikan selalu aku nantikan agar aku selalu berani mengucap ampun atas kesalahan yang aku sadari

Engkau yang mengampuni aku dan membuka jalan yang selama ini tidak bisa aku masuki, sehingga aku mulai memahami betapa pentingnya sebuah pengharapan

aku tak masalah harus berkelana sejauh apa dan untuk berapa lama lagi aku berada dialam yang tidak aku kenali, sebab bagaimanapun keadaan hatiku saat ini, aku tetap ingin percaya kalau Engkau tidak pernah meninggalkan aku sendiri

Engkau yang melindungiku dari malapetaka dan memberiku kekuatan dalam setiap masalah yang aku hadapi.. biarlah rencanaMu yang indah itu, yang memberiku pelajaran berharga, sehingga aku tidak menggunakan pengertianku untuk menyelamatkan diriku sendiri

Leave a Reply

