Katolik Imanku


iman Katolik adalah iman yang sudah ada sejak aku masih kecil.. aku terlahir sebagai umat Kristiani, namun bukan umat Kristen..

bersama waktu dan juga pertambahan usia, aku mulai belajar tentang iman Katolik dari zaman sekolah hingga akhirnya aku lulus dari sekolah dan membawa iman Katolikku ke seluruh dunia

banyak orang menganggap aku orang Kristen yang fanatik, karena aku sempat beberapa kali mengikuti adat umat Kristen, seperti membuat renungan dari bacaan Alkitab, Saat Teduh, dan menonton beberapa khotbah dari seorang pendeta

pengaruh umat Kristen memang begitu besar bagiku, tapi justru itu yang mendekatkan aku dengan Tuhan secara lebih intim dan aku pun diajak untuk lebih fokus kepada Tuhan Yesus saja

lambat laun Tuhan mengirimkan seseorang yang menyadarkan aku untuk segera kembali melayani secara Katolik. Dia adalah seorang Frater Antonius Toto Iswanto dan saat ini dia sedang berada di Malang untuk menyelesaikan panggilannya sebagai seorang pastor

aku senang bisa bertemu dan berkenalan dengannya karena aku benar-benar diajarkan untuk berdoa, merenungkan Alkitab dan aku sempat belajar bagaimana iman Katolik itu seharusnya dijalankan

dari sanalah aku berubah sesuai dengan imanku sebagai umat Katolik….

aku melakukan doa yang tidak ada di umat Kristen dan aku menekuninya sebagai cerminan diriku sendiri

sebab begitu banyak jalur yang umat Katolik percaya yang bisa membawa doa mereka kepada Yesus Kristus, ditambah lagi semua umat Katolik diharuskan mengikuti Sakramen Ekaristi sesuai dengan pesan Yesus sendiri pada Perjamuan TerakhirNya

semua adat umat Katolik yang begitu banyak dan beragam telah membantu aku untuk membentuk kepribadianku sebagai umat Katolik yang sejati

adat-adat itu antara lain:

  1. Membuat Tanda Salib saat memulai doa ataupun saat memulai Sakramen Ekaristi. Tanda Salib diartikan sebagai Tanda Kemenangan Kristus.
  2. Katolik memiliki 7 Sakramen Kudus: Sakramen Baptis, Sakramen Tobat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Penguatan (Krisma), Sakramen Pengurapan Orang Sakit, Sakramen Pernikahan, dan Sakramen Imamat.
  3. Umat Katolik juga berdoa melalui Doa Novena: Novena 3x Salam Maria, Novena Hati Kudus Yesus, Novena Santo/Santa, Novena Rosario.
  4. Umat Katolik juga menghormati, memuja dan berdoa melalui perantaraan Bunda Maria, Bunda Allah, Ratu Surgawi yang telah mengandung dan melahirkan Yesus Kristus Sang Juru Selamat ke dunia. Kami percaya, melalui Bunda Maria, doa apa saja akan ia sampaikan kepada PutraNya yang maha tinggi, sehingga doa itupun akan terkabul. Ditambah lagi Bunda Maria pun sempat menampakkan diri ke dunia sambil membawa pesan kepada setiap orang yang sudah ia percaya dan ia pilih untuk menerima tugas pelayanan. Diantaranya, penampakan Bunda Maria di Lourdes, India, Fatima, Medjugorje, Sendangsono Indonesia, Jeju Korea dan tempat lainnya.
  5. Kepercayaan akan kuasa Bunda Maria itu, maka ada Doa Salam Maria yang telah menjadi doa wajib bagi seluruh umat Katolik.
  6. Doa-doa wajib selain Doa Bapa Kami, diantaranya Kemuliaan, Terpujilah, Ya Yesus, Aku Percaya, Saya Mengaku. Bahkan isi Alkitab Katolik juga agak sedikit berbeda dengan Alkitab Kristen, karena adanya beberapa Kitab Tambahan.
  7. Setiap kali merayakan Paskah, umat Katolik juga memiliki adat Berpuasa dan Berpantang selama 40 hari yang dimulai dari Rabu Abu, serta dianjurkan untuk menerima Sakramen Tobat. Karena Paskah adalah perayaan mengenang Yesus Kristus yang telah bangkit dari maut dan membersihkan umatNya dari dosa, sehingga semua umat yang percaya akan kebangkitanNya telah menjadi manusia yang baru dan bersih dari dosa. Setelah 40 hari Berpantang dan Berpuasa, umat Katolik akan merayakan Tri Hari Suci yaitu Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci sebelum akhirnya memasuki Minggu Paskah.
  8. Dari semua itu, hal yang membedakan Katolik dan Kristen terletak juga pada Doa Bapa Kami yang berbeda.
  9. Ada pula beberapa adat baru yang diciptakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus, diantaranya, Adorasi, Triduum (Misa Kamis Pertama) dan Misa Jumat Pertama.
  10. Semua orang yang memutuskan untuk menjadi pelayan Tuhan (Biarawan/wati, Suster, Bruder, dan Pastor/Romo) harus diijalankan sampai seumur hidup dan tidak boleh menikah, karena saat kita sudah memutuskan untuk melayani Tuhan, itu sama saja dengan menyerahkan jiwa dan raga untuk Tuhan dan menikah dengan Tuhan.

dari semua point-point penting diatas bisa dilihat betapa berbedanya Katolik dengan Kristen..

walaupun berbeda, umat Katolik tetap memuji, menyembah dan berdoa kepada satu pribadi yaitu Yesus Kristus.. pribadi istimewa yang membawa damai, kemenangan, kepastian dan sukacita

Yesus adalah tempat perlindunganku dan perisai dihidupku.. aku percaya Ia adalah Anak Allah yang merupakan Mesias, sahabatku disaat aku senang dan susahku… Ia tidak pernah meninggalkan aku sendiri saat aku sedang mengalami pergumulan yang berat

penyertaan dan mujizatNya selalu aku rasakan setiap hari, Ia memilihku sebagai pengikutNya dan aku ditantang untuk setia sampai diujung ajalku

jika Tuhan Yesus dan Bunda Maria sudah setia akan selalu menjagaku, mendampingiku dan menyertai setiap langkah yang aku ambil, aku pun harus setia kepada mereka yang sudah terlebih dahulu mencintaiku tanpa batas

bagaimana pun cara aku berdoa, tetap saja mata dan hatiku tertuju kepada Yesus, Anak Domba Allah yang telah dikorbankan bagi penyelamatanku di dunia dosa

aku bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang telah mengizinkan aku mendalami dunia yang tidak bisa semua orang masuki dan pahami

dengan segala keterbatasan yang aku miliki aku serahkan sisa waktuku untuk memuji dan mendekatkan diri serta hati kepadaNya seorang

segala ketakutan yang ada selalu menyimpan damai yang datang daripada Tuhan…

aku berharap dan berdoa imanku selalu tumbuh dengan sinar harapan yang tidak pernah putus, seperti kasih Tuhan yang juga tidak pernah putus…

Leave a Reply

